artikel RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

fauzi

fauzi

dsc000051

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran :  ILMU PENGETAHUAN ALAM

Kelas/Semeser :   V (lima) / 2
Pertemuan ke   :    I (satu)
Alokasi waktu  :   2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan

hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.
Kompetensi Dasar : 7.5 Mendeskripsikan perlunya penghematan air
Indikator :
• Mengidentifikasi keberadaan air di sekiar tempat tinggal siswa
• Menjelaskan manfaat air bagi makhluk hidup
• Menjelaskan cara menghemat air

  1. Tujuan Pembelajaran :
  1. • Siswa dapat menyebutkan keberadaan air di sekitar tempat tinggalnya
  1. • Siswa dapat menjelaskan manfaat air bagi manusia
  1. • Siswa dapat menjelaskan manfaat air bagi makhluk hidup lain
  1. • Siswa dapat menjelaskan cara menghemat air

II. Materi ajar : Penghematan Air

Di sekitar kita terdapat berbagai macam air. Air diperlukan oleh berbagai makhluk

hidup untuk keperluan hidupnya. Dalam penggunaan air, khususnya untuk

keperluan manusia hendaknya menggunakan seperlunya, tidak boros, bahkan

dalam keadaan tertentu kita perlu menghemat air.

III. Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru menyampaikan salam Siswa menjawab salam

  1. 2. Guru Mengecek kehadiran siswa   Siswa aktif mengikuti pengecekan kehadiran

3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Siswa memperhatikan

4. Guru memusatkan perhatian siswa dengan teka teki ”Siapakah Aku?”

Aku …….Bentukku berubah-ubah sesuai dengan tempatnya. Permukaanku datar.

Aku akan berpindah dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Siapakah

aku?

Siswa menjawab teka-teki ”Siapakah Aku?”

5. Guru memimpin menyanyikan lagu Tik-tik bunyi hujan
Siswa menyanyikan lagu tik-tik bunyi hujan

6. Guru menggali pengetahuan awal siswa dengan mengaitkan pelajaran

sebelumnya tentang daur air
Dari mana asal air hujan?
Siswa menjawab pertanyaan

B. Kegiatan Inti

  1. Guru Menanyakan keberadaan air di sekitar tempat tinggal siswa

Siswa mengidentifikasi keberadaan air di sekitar tempat tinggalnya,

menuliskan hasil identifikasi di papan tulis.

  1. Guru menanyakan kegunaan air bagi manusia. Meminta siswa untuk

berdiskusi dengan teman sebangku. Kita memerlukan air untuk apa saja?

Siswa berpikir berpasangan, menjawab pertanyaan secara lisan. Menuliskan

hasil diskusi ke dalam tabel.

3. Guru menanyakan kegunaan air bagi makhluk hidup. Meminta siswa untuk

berdiskusi dengan teman sebangku.
Selain manusia, adakah makhluk hidup lain yang memerlukan air?
Untuk apa?
Siswa berpikir berpasangan, menjawab pertanyaan secara lisan. Menuliskan

hasil diskusi ke dalam tabel.

4.  Guru mengelompokkan siswa. Membagi gambar tentang pemborosan air.

Meminta siswa mendiskuskan.
Ceritakan dengan kalimatmu sendiri mengenai gambar yang kamu terima! Apa

yang kamu lakukan apabila ada kejadian seperti pada gambar yang di bagikan?

Siswa berkelompok. Mendiskusikan gambar yang dibagikan. Menuliskan hasil

diskusi pada kertas yang dibagikan. Mempresentasikan hasil diskusi.

Memajangkan hasil kerja kelompok pada pohon ilmu.

5. Guru menyediakan objek untuk ditanggapi siswa (sisa minuman dari beberapa

gelas aqua)
Bagaimana pendapatmu mengenai sisa minuman yang terbuang?

Bagaimana cara mengetahui banyaknya air yang terbuang?

Siswa menanggapi objek sisa minuman secara berkelompok. Menuliskan hasil

tanggapan pada kertas yang dibagikan. Mempresentasikan hasil tanggapan.

Memajangkan hasil kerja kelompok pada pohon ilmu.

C. Kegiatan penutup

  1. Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan

Air dapat kita temukan di…..
Manfaat air bagi manusia adalah …, bagi tumbuhan adalah ….., dan bagi hewan

adalah….Cara menghemat air:
1. ………………
2. …………..

2. Guru membuat kesimpulan. Menutup pembelajaran hari ini. Menginformasikan

materi pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang. Memperhatikan

informasi guru.
Siswa memperhatikan informasi guru

V. Sumber, Alat, Bahan
1. Sumber : Panut, Dunia Sains Untuk kelas V SD, Jakara: Yudhistira, 2005.

Saran, Purwo, S., Handayani, Sains 5 untuk kelas 5 Sekolah Dasar dan Madrasah,

Klaten: Sahabat, 2004
2. Alat dan bahan : papan tulis, kertas, foto air yang terbuang, ranting pohon.

  1. Penilaian :
  2. Tes tertulis essay, jawaban singkat

1. Tuliskan 3 contoh air berdasarkan keberadaannya! (skor 3)
2. Tuliskan 4 manfaat air bagi kehidupan manusia.! (skor 4)

3. Tuliskan 2 manfaat air bagi tumbuhan! (skor 2)

4. Tuliskan 3 manfaat air bagi hewan! (skor 3)

5. Tuliskan 3 cara menghemat air (skor 3)

(skor 15)
Nilai = skor yang diperoleh X 100 Skor total

KOMPONEN PAKEM

dsc000043 KOMUNIKASI INTERAKSI MENGALAMI REFLEKSI
PENDAHULUAN Guru memajangkan alat peraga (air) Guru menanyakan apa yang diperagakan Siswa melakukan wawancara tentang air Menyebutkan manfaat air
INTI Siswa mempresentasikan manfaat air Diskusi kelompok Siswa melakukan percobaan tentang sifat air Siswa dapat menyebutkan sifat air
PENUTUP Pesan moral Pemantapan konsep Kesimpulan Tugas rumah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: